Beberapa Hal Penyebab Galau

note: Sebenarnya saya buat artikel ini bukan dari inisiatif saya sendiri.
saya buat posting biginian cuma gara-gara bahan pertanyaan dari mbak Pacar, “kenapa 2012 Galau Meretas kemana-mana,?%&#”
(kurang kerjaan banget kan.,?@^%#*%)
ini dia beberapa penyebab galau menurut survei saya selama beberapa abad ini (lebay dikit lah :)).,

Akhir-akhir ini saya banyak mendapati teman saya yang hatinya tuh sedang gundah gulana, sedih gak bersemangat, atau bahasa anak jaman sekarang tuh Galau. Entah itu Galau karena masalah kuliah, cewek, sahabat, atau yg lain. Sebenarnya penyebab Galau tuh apaan sih?

O iya, sebelumnya kalian sudah tahu belum definisi Galau itu apa? Sebenarnya Galau itu memiliki banyak definisi, tapi lebih tepatnya Galau itu adalah suatu keadaan dimana kita sedang memikirkan suatu masalah secara berlebihan, bingung apa yang harus kita lakukan dengan masalah itu, hingga menimbulkan efek emosi yang labil, pikiran pusing, bahkan mendadak insomnia.

Perasaan Galau kadang datang tiba-tiba, mungkin karena suatu masalah yang menimpa kita juga selalu datang tiba-tiba. Misalnya, seorang mahasiswa yang Galau karena memikirkan nilai IP nya yang jelek, atau seorang cewek yang Galau karena tiba-tiba diputus sang pacar tanpa sebab, atau juga seseorang yang lagi berantem sama sahabat karena suatu kesalahpahaman hingga membuat dia Galau. Banyak sekali contoh-contoh perasaan Galau yang menimpa kita atau orang-orang sekitar kita.

Sebenarnya perasaan galau muncul disebabkan karena beberapa faktor, diantaranya:

1.Social media
Sosial media memiliki pengaruh penting yang menyebabkan seseorang menjadi Galau, entah itu karena facebook, twitter, atau social media lainnya. Misalnya kamu lagi punya masalah kecil dan gak kamu pikirin, ketika itu kamu melihat status teman-teman kamu di fb atau twitter yang lagi Galau, padahal masalah mereka tuh gak seberapa dibanding masalah yang sedang kamu hadapi, otomatis kamu merasa bahwa masalah kamu sangat lah besar, hingga kamu semakin memikirkan masalah itu, sampai kamu menjadi galau.

2.Kurang teman
Kamu yang lagi punya banyak masalah, tapi bingung mau cerita atau curhat ke siapa, karena kamu kurang memiliki banyak teman atau gak punya teman dekat yang bisa diajak curhat. Dari sini lah perasaan Galau itu mulai muncul karena masalah yang sedang kita hadapi cuman bisa kita pendam dalam hati. Apalagi bila hal itu berlangsung terlampau lama, perasaan Galau itu bisa berubah menjadi musibah, yaitu menyebabkan kita sakit.

3.Jarang Ibadah
Kita hidup didunia ini pastinya meyakini adanya Tuhan. Semua kehidupan di dunia ini sudah diatur sama yang Diatas, termasuk masalah yang sedang kita hadapi. Karena nya ketika kita lagi punya masalah, baik nya jangan cuma bisa mengeluh, mengeluh dan mengeluh pada orang lain, tapi laporkan masalah kita itu kepada Tuhan. Beribadah dan berdoa memohon petunjuk Nya dan meminta supaya masalah kita itu segera berakhir dan ada jalan keluar yang terbaik bagi kita dan orang lain. Bila kita jarang ibadah dan sering melukan Dia, maka perasaan Galau itu akan semakin nyata.

4.Tayangan media
Hampir tiap hari kita disuguhkan dengan tayangan-tayangan di televisi yang berisi tentang masalah-masalah kehidupan manusia, entah itu nyata (berita) atau cuman rekayasa (sinetron). Ambil contoh saja sinetron, yang sering bercerita tentang masalah cinta, rebutan harta, atau seorang anak yang tertukar. Sehingga karena kita terlalu sering melihat tayangan-tayangan seperti itu, pada akhirnya mental kita ikut terbawa seperti sinetron yang cengeng, mudah emosi, atau mudah berperasangka buruk sama orang lain. Efek dari itu semua yang menyebabkan mental kita menjadi lemah ketika suatu masalah menimpa kita, mudah menyerah, dan gampang emosi. Pada akhirnya perasaan Galau itu akan menghinggapi kita.

Sebenarnya masih banyak faktor-faktor lain yang menyebabkan kita menjadi Galau, tapi intinya kita jangan memikirkan terlalu berlebihan tentang masalah yang sedang kita hadapi, karena pada akhirnya hanya akan menambah parah rasa Galau itu.

END

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s