9 Cara Mencontek yang Paling Sering Digunakan

1. Memory External
Cara ini adalah yang paling sering dilakukan & sangat efektif. Menggunakan kertas kecil, sehingga memudahkan saat misi mencontek dilakukan. Cara ini memiliki resiko yg tidak terlalu besar. Mengapa? Kerena dengan ukuran kertas yg kecil, pergerakan saat mencontek tidaklah terlalu membuat guru curiga & juga cukup mudah menghilangkan barang bukti jika guru curiga. Jika guru mulai mencurigai kita, kita bisa langsung meremas” kertas tersebut & membuangnya jauh” atau bisa kita sembunyikan di sepatu/kaos kaki. Namun semua itu haruslah dilakukan dengan sangat cepat & hati”. Cara ini tidak disarankan untuk yang duduk di depan karena sangat beresiko tinggi.

2. Hardisk
Cara ini sangatlah beresiko tinggi. Tingkat kegagalannya juga besar. Cara ini hanya dipakai oleh pelajar yg malas (malas belajar maupun malas bikin contekan ) & mempunyai nyali tinggi. Cara ini sangat beresiko & mempunyai tingkat kesulitan yg tinggi karena butuh meja berkolong, harus membolak-balik halaman, menimbulkan suara & pergerakan yg mencurigakan. Jika ketahuan gurupun sangatlah sulit menghilangkan jejak & urusannya bisa panjang. Lagi-lagi cara ini sangat tidak disarankan bagi yg duduk depan.
3. Sharing & Security
Nah cara ini juga termasuk yang paling sering dilakukan di kelas ane. Dalam cara ini ada 2 tokoh yaitu server & client. Kelas bagaikan sebuah jaringan komputer. Server haruslah orang yg pintar dalam suatu mata pelajaran. Server bertugas membagi jawaban yg ia tahu kepada para client. Di dalam kelas haruslah terdapat banyak server untuk berbagai pelajaran. Karena jika hanya mengandalkan 1 server, daya jangkaunya sangat sempit. Cara penyebaran jawaban bisa melalui sobekkan kertas, finger code (jika soal pilihan ganda), ataupun peer 2 peer (melalui percakapan tanpa suara) Cara ini tidak akan berjalan baik jika ada murid yg pelit/tukang ngibul. Cara ini butuh waktu yg cukup lama karena butuh waktu yg cukup lama karena harus melewati beberapa tahapan yaitu, proses “upload” jawaban oleh server, “download” jawaban oleh client, & proses penyebaran jawabannya. Cara ini dapat diaplikasikan untuk yang duduk depan. Resiko ketahuannya tergantung pada kekompakkan & kekreatifan dlm menyebarkan & menerima jawaban.
4. Cari di Internet
Cara ini bermodalkan hp & pulsa. Sebenarnya cara ini sama dengan cara no 3, bedanya cuma teknologi yg dipake lebih canggih & modern. Tapi resiko kegagalannya lumayan besar. Apalagi klo ketahuan & diambil guru tuh hp bisa” pindah kepemilikan & urusannya bisa lebih panjang dari no. 3.
5. Spy Shot
Cara ini digunakan jika teman sebangku anda pelit. Anda harus mempunyai mata yg tajam & memanfaatkan waktu secepat mungkin utk melakukannya. Cara ini kurang efektif karena biasanya orang yg pelit berusaha semaksimal mungkin utk menyembunyikan jawabannya. Dia juga punya trik” yg membuat anda tidak dpt melihat/meniru jawabannya.
6. Foto Kopi
Cara ini banyak digunakan oleh para pelajar yg malas membuat contekan. Biasanya mereka mem poto kupi buku cetak / catatan. Biasanya buku/catetan difotocopy perkecil 30-40 kali.
7. Hi-Tech
Sekarang sudah jamannya teknologi. Semua sudah terkomputerisasi. Begitupun dengan mencontek. Sebenarnya cara ini sama dengan cara no. 4, bedanya hanya cara ini tdk membutuhkan pulsa. Jaman sekarang mencontek dapat menggunakan alat” canggih seperti hp ataupun jam tangan, dll. Untuk soal matematika & eksak bisa menggunakan kaluklator hp. Untuk soal b. ing/bhs asing lainnya bisa menggunakan kamus di hp. Untuk soal hafalan bisa menggunakan notes di hp. Bahkan temen ane ada yg punya jam tangan yg bisa masukin contekan.
8. Cari Inspirasi di WC
Cara ini cara yg cukup ampuh jika kita sudah mentok & gak punya contekan. Biasanya anda harus bekerjasama menaruh buku/catetak/contekan lainnya di WC (tentunya di tempat yg tersembunyi). Jika anda bener” sudah mentok barulah anda pergi ke WC utk melihatnya. Jangan beramai-ramai pergi ke WC karena akan membuat guru curiga. Tapi cara ini sudah banyak diketahui oleh guru, jd sebaiknya berhati” lah!
9. Ngebatik
Ngebatik adalah cara mencontek dengan media tangan ataupun meja. Cara ini adalah cara kuno namun cenderung efektif & cukup aman. Cara ini bisa digunakan bagi yg duduk depan, namun harus berhati” & waspada!

Bagaimana pun juga contek-menyentek jangan ditiru ya… Ini cuma buat rileks aja. Tapi buat yang tetap kekeh ingin melakukan, ya terserah :)).

END

6 Makhluk Mitos yang Serupa Tapi Tak Sama

Di segmen beberapa pekan lalu, Red N Purple sempat ngebahas tantang teka-teki misteri di dunia yang menurut Red N Purple pantas buat dikuak, pasti uda tau ATLANTIS sama SEGITIGA BERMUDA bukan?

nah, di segmen selanjutnya, Red N Purple bakal ngulik makhluk2 mitologi yang konon dulu pernah    ada di dunia dan kini keberadaannya menghilang entah kemana (entah kenapa, saya itu suka banget sama yang namanya Mitos dari kecil., tapi bukan berarti saya penganut paham animis dam dinamisme).
Sepintas,  makhluk2 ini memiliki wujud yang sama. Namun sebenarnya mereka memiliki perbedaan masing-masing dan tersendiri dari yang lain. karena kebanyakan orang di luar sana sepintas menilai rupa makhluk ini berwujud sama, maka dari itu saya membuat artikel ini sebagai jalan lurus buat mereka yang salah persepsi (mungkin udah berbulan2 dan bertahun2, dan BAHKAN mungkin juga ada yang baru tau sekarang) tentang mereka.
ini dia;

1. Pegasus dengan Unicorn
Dalam legenda, Pegasus merupakan perwujudan dari kuda dengan sepasang sayap di punggungnya. Dalam mitologi Yunani, Pegasus merupakan putra dari Posseidon dan Medusa. Didalam dongeng-dongeng atau cerita rakyat Yunani, Pegasus digambarkan seperti kuda putih bersayap yang dijadikan sebagai lambang kesucian.


Berbeda dengan Pegasus, Unicorn adalah makhluk dalam legenda yang wujudnya adalah seekor kuda, dengan sebuah tanduk di dahinya (kata “cornus” dalam bahasa Latin dihubungkan dengan kata “horn” yang berarti tanduk dan “uni” yang berarti satu). Biasanya bulu Unicorn berwarna putih dan tanduknya berbentuk spiral. Darah Unicorn merupakan obat yang mujarab dan mampu membuat hidup abadi.

2.Griffin dengan Hippogriff

Griffin adalah makhluk legendaris bertubuh singa tetapi bersayap dan berkepala burung elang atau rajawali. Dalam mitologi Yunani, makhluk ini tinggal di pegunungan dan merupakan raja hewan buas sekaligus raja di langit.

 

Berbeda dengan Griffin, Hippogriff adalah makhluk legendaris yang berwujud burung elang atau rajawali setengah kuda. Kepala dan tubuh bagian depannya adalah burung elang atau rajawali sedangkan bagian tubuhnya adalah kuda. Hippogriff jauh lebih jinak dibandingkan dengan sejenisnya, Griffin. Menurut legenda, Hippogriff merupakan makhluk hasil dari perkimpoian antara Griffin dengan kuda.

3.Centaur dengan Satyr

Dalam mitologi Yunani, Centaur/Kentaur adalah makhluk yang berwujud setengah manusia dan setengah lagi kuda. Centaur hidup di pegunungan dan hidup secara individual.


Berbeda dengan Centaur, Satyr adalah makhluk yang berwujud setengah manusia dan setengah kambing atau domba. Satir merupakan makhluk penghuni hutan-hutan dan pegunungan dan hidup berkelompok. Ciri-ciri Satir : memiliki sepasang tanduk kecil dikepalanya, berambut keriting, telinganya runcing dan bagian bawah badannya adalah kambing atau domba.

4.Giant dengan Ogre

Giant merupakan makhluk mitos yang memiliki tubuh yang sangat besar. Perawakannya mirip sekali dengan manusia pada umumnya, tetapi yang membedakannya hanyalah ukurannya. Dikebanyakan dongeng-dongeng, Giant disebutkan sebagai makhluk bertubuh besar yang baik hati dan tidak memakan manusia, tetapi banyak orang yang menyangkal akan hal itu dan berbondong-bondong untuk memburunya. Habitat para Giant adalah di hutan-hutan dan tempat-tempat yang jauh dari jangkauan manusia.


Berbeda dengan Giant, Ogre merupakan makhluk mitos yang digambarkan sebagai makhluk beringas dan kejam. Postur tubuhnya mirip sekali dengan Giant, akan tetapi, sifat dan perilakunya sangat menyimpang jauh dari Giant. Habitat alaminya di pegunungan dan hutan-hutan yang dekat dengan pemukiman warga. Ogre hidup berkelompok dan setiap kelompok memiliki ketuanya sendiri.

5.Basilisk dengan Naga
Buat penggila Harry Potter pasti nggak asing lagi sama hewan yang satu ini. Basilisk adalah makhluk mitologi dari Yunani yang berwujud ular raksasa berwarna hitam kelam dengan kepala yang menyerupai ayam. Basilisk tinggal di gua-gua yang sangat gelap. Makanannya adalah kelelawar yang ada didalam gua tersebut. Ciri-ciri basilisk : Kepala Basilisk menyerupai ayam dengan paruh yang tajam, Kulitnya dipenuhi dengan sisik yang licin seperti ular dan tidak berkaki.

Berbeda dengan Basilisk, Naga merupakan makhluk mitos dari China. Bentuk Naga memang menyerupai Basilisk tetapi ada beberapa perbedaan yang menonjol, yaitu : Naga memiliki sepasang tanduk yang bercabang di kepalanya, Naga memiliki tubuh yang bersisik kasar seperti ikan, dan di masing-masing kakinya terdapat cakar yang sangat tajam untuk mencengkram mangsanya. Konon katanya, masyarakat China mempercayai adanya Naga dan menjadikannya sebagai simbol kekuasaan. Habitat Naga adalah di pegunungan dan tempat-tempat yang tinggi.
6.Bigfoot dengan Yeti

Bigfoot adalah makhluk misterius yang mendiami hutan-hutan di berbagai belahan dunia, banyak yang mengira Bigfoot adalah orang pedalaman yang tinggal di hutan. Jarang ada orang yang melihat sosok asli Bigfoot, tetapi diperkirakan Bigfoot memiliki kaki yang besar berdasarkan dengan penemuan-penemuan jejak kaki misterius di hutan. Pernah ada laporan tentang makhluk aneh yang berjalan dihutan Kalimantan. Menurut penduduk setempat makhluk tersebut memiliki postur tubuh mirip orang hutan tetapi ia memiliki bulu yang sangat lebat dan berjalan dengan kedua kakinya.

Berberda dengan Bigfoot, Yeti tinggal ditempat-tempat yang dingin dan bersalju. Tubuh Yeti dipenuhi dengan bulu yang lebat dan berwarna putih. Tubuh dan posturnya sangat mirip dengan Bigfoot, perbedaan dari keduanya hanya diwarna bulu dan tempat tinggal mereka. Jika Bigfoot tinggal ditempat-tempat yang panas dan lebat dengan pepohonan, maka Yeti tinggal ditempat-tempat yang dingin dan bersalju.
END

 

Tehnik Mengetahui Kapan Seseorang Berkata “Bohong” dan “Jujur”

Note: Ini cara yang diajarkan dan diterapkan oleh Seorang Guru Sosiologi SMA saya, dan hasilnya tidak mengecewakan (terbukti akurat 80% lebih), dan (maaf, bukan maksud menyombongkan diri) sempai sekarang, saya masih lihai memakainya tiap hari dalam berbagai kondisi untuk keperluan saya personal.

Beberapa orang memiliki kemampuan untuk menipu orang lain dengan mudah. Namun, saat seseorang berbohong, kita dengan mudah bisa melihat dari segi fisiknya (dengan sedikit intuisi dan latihan). Salah satunya adalah dengan mengamati mata lawan bicara Anda. Mengapa demikian?

Ketika menjawab pertanyaan dan bola mata orang tersebut bergerak ke arah kiri kemungkinan jawabannya jujur. Sedangkan bila bergerak ke arah kanan kemungkinan orang itu sedang mengatakan sesuatu yang bohong atau berbohong. Hal ini karena bagian otak kiri berfungsi sebagai Auditory Memory, sedangkan otak kanan untuk kreatifitas. Maka bila bola mata ke kiri, berarti dia berusaha mengingat sedangkan sebaliknya jika bola mata ke arah kanan berarti dia sedang menyusun atau menggambarkan sesuatu sebagai jawaban yang lain. Hal ini karena bagian kreatifitasnya sedang bekerja untuk mengarang suatu cerita bohong.

 

Ciri fisik lainnya ketika seseorang sedang berbohong antara lain:

  • Badan berkeringat.
  • Napas mulai berat.
  • Nada suara berbeda seperti meninggi atau monoton.
  • Badan dan wajah terlihat kaku khususnya bagian dahi dan bibir.
  • Tangan banyak bergerak misalnya memegang sesuatu, saling menggosok-gosokkan tangan, menggosok hidung, atau menutup mulut.
  • Si pembohong tanpa disadari akan meletakkan benda-benda seperti cangkir, kertas, bolpen, atau benda lain sebagai pembatas.
  • Coba ubah topik pembicaraan, jika ekspresinya terlihat lega, berarti ia sedang berbohong. Namun jika ia mengembalikan ke topik semula, berarti ia sedang berkata jujur.

 

END

Perbedaan Optical Zoom dan Digital Zoom

Sumber: http://www.tahukahkamu.com

Pada kamera poket atau prosumer, biasanya tersedia dua fasilitas untuk zoom yaitu optical zoom dan digital zoom. Keduanya memang berfungsi untuk zoom: Untuk mendekatkan obyek sehingga obyek yang ingin dibidik tampak lebih besar.

Tapi walaupun tujuannya sama, cara kerja optical zoom dan digital zoom berbeda.

Optical zoom, sesuai namanya, memanfaatkan panjang pendek lensa untuk memperbesar/memperkecil obyek. Semakin panjang lensa, semakin besar kemampuannya untuk memperbesar obyek, sehingga detail obyek tetap tertangkap walau dipotret dari jarak yang jauh.

zoomIngat ketika kita menggunakan zoom, lensa kamera kita bergerak maju mundur sesuai zoom yang kita inginkan? Itu berarti kita menggunakan optical zoom.

Digital zoom adalah fasilitas untuk memperbesar gambar menggunakan peranti lunak yang ada di kamera. Gampangnya begini: digital zoom itu sama seperti bila kita sedang menggunakan aplikasi komputer seperti photoshop untuk memperbesar obyek yang kita ambil.

Teknisnya, di kamera gambar yang kita ambil dicrop sesuai keinginan kita ketika melakukan zoom. Karena dicrop, ukuran gambar tentu menjadi lebih kecil. Karena itu gambar ini lalu diperbesar dengan cara interpolasi. Di proses ini, resolusi gambar yang ada tidak bertambah. Gambar menjadi lebih besar, namun dengan resolusi yang sama dengan gambar aslinya yang lebih kecil.

Jadi jangan heran jika hasil foto menggunakan digital zoom tidaklah “seindah aslinya”.

Tapi ini bukan berarti digital zoom tidak layak dipakai. Kadang kala kita ingin memotret sesuatu dengan zoom, sementara zoom dari lensa sudah maksimum dan tidak bisa lebih besar lagi. Dengan menggunakan digital zoom kita bisa ‘menambah’ kemampuan untuk zoom lebih lanjut, melebihi kemampuan lensa.

Lalu bagaimana kalau setelah menggunakan digital zoom-pun masih belum cukup? Jangan sedih, gunakan aplikasi komputer untuk mengedit alias meng-cropping foto untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Toh teknik ini kurang lebih sama dengan yang berlangsung di kamera kita ketika melakukan digital zoom.

Tapi jangan lupa: secanggih apapun kamera kita, optical zoom tetap memberikan hasil dengan resolusi yang jauh lebih memuaskan dibanding digital zoom.

END

Karakter Manusia Berdasarkan Golongan Darah

Manusia diciptakan tentunya memiliki sifat dan karakter masing-masing yang merupakan alamiah bawaan dari manusia itu sendiri.Kita dapat mengetahui karakter sifat seseorang dari melihatnya secara langsung, bagaimana tingkah lakunya sehingga kita dapat mengetahui karakter orang tersebut.
Namun di Jepang, ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh beberapa para ahli. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui karakter sifat orang melalui golongan darahnya.
Berikut adalah gambaran hasil dari penelitian para ahli di jepang tersebut.

Huruf A, B, AB, dan O menunjukkan golongan darah

Dalam Hal Berkomentar
TahukahKamu.comDalam hal berkomentar, golongan darah B merupakan orang yang ceplas ceplos dan apa adanya. Meskipun berpikiran sama dengan yang lain akan tetapi orang dengan golongan darah B lebih terbuka dan terkadang “nyeleneh” alias beda sendiri.

TahukahKamu.com

Dalam Hal Penempatan Posisi di RuanganTahukahKamu.com
Golongan darah A suka berdiri di samping dinding
TahukahKamu.com

Golongan darah B suka berdiri di tengah ruangan (jadi pusat perhatian)
*lagi-lagi ini sifat nyeleneh golongan darah B yang gw banget!
TahukahKamu.com

Golongan darah AB suka menyendiri di pojok ruangan… (hobinya mojok!hihi)
TahukahKamu.comGolongan darah O suka mondar mandir di sekeliling ruangan
TahukahKamu.comKalo keempatnya disatukan dalam satu ruangan..
seperti ini jadinya!
TahukahKamu.comDalam Hal Ketepatan Waktu
Golongan darah O adalah yang ga bisa tepat waktu,hehe..
no ofens ya kepada pemilik golongan darah O. Ini kan hasil peneliatian para ahli,bukan saya
TahukahKamu.com
Dan juga golongan darah O adalah orang yang sering mengeluh
TahukahKamu.com
Disaat yang lain sudah berkumpul..
maka ada satu yang kurang
TahukahKamu.comTernyata adalah golongan darah B.
Golongan darah B adalah orang yang moody-an,hehe..
TahukahKamu.comGolongan darah B adalah orang yang moody-an,hahaha

Dalam Hal Pengamatan Masalah
TahukahKamu.comGolongan darah A akan melakukan dengan sebaik-baiknya
TahukahKamu.com
Golongan darah B akan melakukannya dengan senang hati,sambil nyanyi-nyanyi..lalalala ~ ~
TahukahKamu.com
Golongan darah AB tidak mengerjakannya..yang ini parah!hahaha
TahukahKamu.comGolongan darah O akan menomer duakan apa yang akan dikerjakan,hihihi
TahukahKamu.com
Dalam Hal MenggosipTahukahKamu.com
Golongan darah A paling bisa membicarakan kekurangan orang lain, suka berbicara tetapi perkataannya tidak terlalu tajam, A sangat takut kalo ketauan orang yang digosipinTahukahKamu.com
Golongan darah B tidak terlalu memperhatikan hal-hal tersebut, dengan kata lain B bukan tukang gosip!hihi
TahukahKamu.com
Golongan darah O menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas. Kandidat pembaca berita di tipi-tipi,hihi
TahukahKamu.com
Sedangkan Golongan darah AB termasuk orang ga suka ambil pusing terhadap orang lain. Asik-asik aja gitu…
TahukahKamu.com
Dalam Hal Cara Berpikir
TahukahKamu.comTahukahKamu.com
Ternyata AB memiliki pola pikir yang sangat aneh dan spesial, tetapi juga sangat sulit untuk dipahami jalan pikirannya
TahukahKamu.comDalam Hal Menyetir Mobil

AB gampang ngantuk kalo lagi nyetir mobil..TahukahKamu.comB sering ga fokus kalo lagi nyetir mobil,liat kanan-kiri..
*ini kayaknya gw banget juga!haha. tapi gw ga lirik-lirik cewe lain ya! kan udah punya nyonya,hihi
TahukahKamu.comO mennyetir dengan buru-buru dan mudah bosan
TahukahKamu.comA adalah yang paling oke!berbakat dalam hal menyetir mobil. Bakat jadi supir,hihi.. v^^
TahukahKamu.comKalo disatuin dalam 1 mobil jadinya begini nih..
TahukahKamu.com
Karakteristik yang lainnya…TahukahKamu.comA akan patuh dan tunduk kepada aturan yang sudah disepakati sebelumnya..
TahukahKamu.comKalo si B,begitu diberi tahu malah langsung dilanggar,hahaha
TahukahKamu.comKalo si O menunggu keadaan aman terlebih dahulu lalu melanggar peraturan, pinter nih yg gini. Mau melanggar sesuatu liat-liat situasi kondisi dulu,hehe
TahukahKamu.comNamun apapun yang telah O dan B lakukan, tentunya akan ketahuan! karena si AB melihat sendiri kejadiannya dan melaporkan kepada bu guru!hahaha
TahukahKamu.comDan begini nih jadinya kalo semuanya disatuin!
TahukahKamu.comHahaha..
kalo ada yang ga sesuai dengan kepribadian jangan langsung marah,hehe
namanya juga hasil penelitian,bisa salah bisa juga benar. Tapi sedikit banyaknya dapat memberikan kita gambaran dan sudut pandang yang lain terhadap suatu permasalahan yang terjadi atau yang akan dihadapi.

END